Tuesday, June 12, 2018

PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL DAN SIKAP SOSIAL PESERTA DIDIK



Penilaian spiritual dan sikap peserta didik dalam penerapaannya di kurikulum 2013 mulai tahun pelajaran 2017/2018 tidak dilakukan oleh semua mata pelajaran yang ada melainkan hanya melekat pada mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti (PABP) dan mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Berdasarkan Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016, mengenai kompetensi inti dan kompetensi dasar, maka dapat diketahui bahwa KD dari KI­1 dan KI­2 hanya ada pada mata pelajaran PABP dan PPKn, sedangkan pada mata pelajaran lainnya tidak dikembangkan KD.
Dimana Penilaian sikap pada mata pelajaran PABP dan PPKn akan diturunkan dari KD pada KI­1 dan KI­2, yang kemudian dirumuskan indikatornya. Indikator sikap ini diamati dan dicatat pada jurnal seperti pada mata pelajaran lainnya. Nilai­nilai yang akan diobservasi terkait dengan KD dan indikator yang dikembangkan di mapel PABP dan PPKn. Selanjutnya pendidik menentukan teknik penilaian sikap, yaitu terutama teknik observasi. Teknik penilaian diri dan penilaian antarteman juga dapat dipilih. Penentuan teknik penilaian harus diikuti dengan mempersiapkan instrumen penilaian.
Prosedur dalam melakukan penilain sikap spiritual dan sosial pada mata pelajaran Pendidikan Agama Budi Pekerti dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PABP dan PPKn) memerlukan indikator pencapaian kompetensi yang didasarkan pada kompetensi dasar (KD) dari KI­1 dan KI­2.Untuk menyusun indikator pencapaian kompetensi pada KD dari KI­1 dan KI­2 diperlukan analisis kompetensi dan analisis substansi bahan ajar. Dalam melakukan analisis kompetensi digunakan kata kerja operasional untuk aspek sikap.
Berikut ini contoh kata kerja operasional untuk aspek penilaian sikap spiritual dan sosial pada mata pelajaran PABP dan PPKn.
A.1 
 (Menerima)
A.2 
 (Menanggapi)
A.3 
 (Menilai)
A.4 
 (Mengelola)
A.5 (Menghayati)
• Memilih
• Mempertanyakan
• Mengikuti
• Memberi
• Menganut
• Mematuhi
• Meminati
• Menjawab
• Membantu
• Mengajukan
• Mengompromikan
• Menyenangi
• Menyambut
• Mendukung
• Menyetujui
• Menampilkan
• Melaporkan
• Memilih
• Mengatakan
• Memilah
• Menolak
• Mengasumsikan
• Meyakini
• Melengkapi
• Meyakinkan
• Memperjelas
• Memprakarsai
• Mengimani
• Mengundang
• Menggabungkan
• Mengusulkan
• Menekankan
• Menyumbang
• Menganut
• Mengubah
• Menata
• Mengklasifikasikan
• Mengombinasikan
• Mempertahankan
• Membangun
• Membentuk pendapat
• Memadukan
• Mengelola
• Menegosiasi
• Merembuk
• Mengubah perilaku
• Berakhlak mulia
• Mempengaruhi
• Mendengarkan
• Mengkualifikasi
• Melayani
• Menunjukkan
• Membuktikan
• Memecahkan

Analisis substansi bahan ajar dilakukan dengan menguraikan ruang lingkup materi sebagaimana dirumuskan dalam KD dari KI­1 dan KI­2.

Pada Penilaian Hasil Belajar peserta didik akan dicantumkan penilaian sikap spiritual dan sikap sosial yang berasal dari guru mata pelajaran PABP dan PPKn. 
Berikut ini adalah contoh rumusan deskripsi capaian sikap spiritual dan sosial:

Deskripsi Capaian Spiritual
Predikat
Deskripsi
Sangat Baik
Selalu bersyukur, selalu berdoa sebelum melakukan kegiatan, dan toleran pada pemeluk agama yang berbeda; ketaatan beribadah sudah berkembang.

Deskripsi Capaian Sosial
Predikat
Deskripsi
Sangat Baik
Santun, peduli, dan percaya diri; kejujuran, kedisiplinan, dan tanggungjawab meningkat.


0 comments:

Post a Comment