Sunday, May 27, 2018

Info Baru Pelaksanaan Kurikulum 2013 di Tahun Pelajaran 2018/2019



Tahun pelajaran 2017/2018 akan segera berakhir dan akan berganti ke tahun pelajaran yang baru yaitu 2018/2019. Terkait dengan hal itu, guru harus mulai memikirkan untuk melakukan persiapan dalam menghadapi tahun pelajaran 2018/2019. Persiapan yang harus dilakukan yaitu tidak terlepasnya dari pelaksanaan kurikulum yang ada.

Berikut ini hal-hal penting yang perlu mendapat perhatian oleh guru:
A. Kurikulum yang akan diterapkan
  • Nama kurikulum tidak berubah menjadi kurikulum nasional tapi tetap Kurikulum 2013 Edisi Revisi yang berlaku secara Nasional.


B. Silabus
  • Silabus Kurikulum 2013 edisi revisi lebih ramping hanya 3 kolom, yaitu hanya memuat KD, materi pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran.


C. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
  • Dalam RPP, tidak perlu disebutkan nama metode pembelajaran yang digunakan dan materi dibuat dalam bentuk lampiran disertai dengan rubrik penilaian (jika ada).
  • Pendekatan scientific 5M bukanlah satu-satunya metode saat mengajar dan apabila digunakan maka susunannya tidak harus berurutan.

D. Penilaian
  • Penilaian sikap KI 1 & KI 2 sudah ditiadakan di setiap mata pelajaran hanya Agama dan PPKN namun KI tetap dicantumkankan dalam penulisan RPP.
  • Skala penilaian menjadi 1-100. Penilaian sikap diberikan dalam bentuk predikat dan deskripsi.
  • Jika ada 2 nilai praktik dalam 1 KD , maka yg diambil adalah nilai yang tertinggi. Penghitungan nilai ketrampilan dalam 1 KD  ditotal (praktek, produk, portofolio) dan diambil nilai rata-rata. Untuk pengetahuan, bobot penilaian harian, dan penilaian akhir semester itu sama.
  • Remedial diberikan untuk yang kurang namun sebelumnya siswa diberikan pembelajaran ulang. Nilai Remedial adalah nilai yang dicantumkan dalam hasil.    
  • Perubahan terminologi ulangan harian menjadi penilaian harian, uas menjadi penilaian akhir semester untuk semester 1 dan penilaian akhir tahun untuk semester 2. Dan sudah tidak ada lagi UTS, langsung ke penilaian akhir semester.

 Di samping hal-hal yang penting yang harus diketahui guru seperti yang sudah disebutkan di atas, guru juga wajib menyiapkan administrasi pembelajaran. Berikut ini yang harus dibuat dan disiapkan oleh guru untuk menghadapi tahun pelajaran baru berupa buku kerja guru, yang terdiri dari:
A. BUKU KERJA I
Buku Kerja I berisi tentang:
     1.  SKL, KI, dan KD
     2.  Silabus
     3.  RPP
     4.  KKM

B.  BUKU KERJA II
Buku Kerja II berisi tentang:
     1.  Kode Etik Guru
     2.  Ikrar Guru
     3.  Tata Tertib Guru
     4.  Pembiasaan Guru
     5.  Kalender Pendidikan
     6.  Alokasi Waktu
     7.  Program Tahunan
     8.  Program Semester
     9.  Jurnal Agenda Guru

C.  BUKU KERJA III
Buku Kerja III berisi tentang:
     1.  Daftar Hadir
     2.  Daftar Nilai
     3.  Penilaian Akhlak/Kepribadian
     4.  Analisis Hasil Ulangan
     5.  Program Pembelajaran Perbaikan & Pengayaan
     6.  Daftar Buku Pegangan Guru/Siswa
     7.  Jadwal Mengajar
     8.  Daya Serap Siswa Hb tidak
     9.  Kumpulan Kisi soal
   10.  Kumpulan Soal
   11.  Analisis Butir Soal
   12.  Perbaikan Soal

D.  BUKU KERJA IV
Buku Kerja IV berisi tentang:
     1.  Daftar Evaluasi Diri Kerja Guru
     2.  Program Tindak Lanjut Kerja Guru

Demikianlah hal-hal penting yang perlu diketahui oleh guru. Semoga dengan melakukan persiapan yang baik diharapkan pelaksanaan kegiatan pembelajaran dapat dilaksanakan dengan baik dan memperoleh mutu pendidikan yang baik pula. Semoga bermanfaat...

0 comments:

Post a Comment